Menyambut Informatika di Hari Blogger Nasional

Home » » Menyambut Informatika di Hari Blogger Nasional
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.  Postingan kali ini, saya ingin menulis mengapa Mata Pelajaran TIK sangat penting, dan harus kembali dalam Kurikulum 2013. 


Halo teman teman Perkenalkan nama saya Rynaldi Ramadhan Mustakin, teman teman sering memanggil saya dengan nama Aldi. Saya bersekolah di Kampus Cemara alias UPT SMA Negeri 4 Wajo, sekolah yang terletak di Kec. Maniangpajo, Kab. Wajo, Prov. Sulawesi Selatan.

Di Hari Blogger Nasinoal ini saya mengucapkan WELCOME TO INFORMATIKA


Selamat datang kembali Mata Pelajaran TIK, Mata pelajaran yang dihapus dari Kurikulum 2013 akhirnya kembali diajarkan ditahun ajaran 2019/2020 meski harus berubah nama menjadi Informatika. Di Hari Blogger Nasional ini tentunya saya juga mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional 2018.



Hari Blogger Nasional tahun ini sangat berbeda dari tahun tahun sebelumnya karena tahun ini tak lagi dirayakan dengan meriah. Daeng Ipul salah satu Blogger Indonesia dalam Blog pribadinya menulis "Tahun 2007 sampai 2010 bisa dibilang sebagai puncak keemasan para blogger Indonesia. Dalam rentang waktu itu, blogger Indonesia punya pestanya sendiri. Namanya Pesta Blogger. Puncaknya ya ketika tahun 2007 itu, Hari Blogger Indonesia diresmikan keberadaannya. Sebuah penghormatan untuk blogger di Indonesia. Tapi, selepas 2010 kurva blogger Indonesia seperti menurun. Buktinya sejak tahun 2011 pesta Blogger sudah tidak dihelat lagi". Saya sebagai Blogger Pemula tentunya merasa sedih mendengar hal ini, saya sempat berpikir "Saat mata ajar TIK saja masih diajarkan sudah seperti ini apalagi jika mata ajar TIK dihapus, mungkin punahlah para Blogger Indonesia"

Berbicara tentang hubungan antara Mata Ajar TIK dengan dunia Blog, Blog ini adalah salah satu dari ribuan dampak yang timbul dari Mata Pelajaran TIK, Blog ini adalah bukti nyata Mata Ajar itu TIK sangat penting sebab blog ini tercipta dari hasil belajar Mata Pelajaran TIK  yang diajarkan saat kelas 3 SMP. Sejak saat itulah saya mulai membuat dan menulis di blog, saya mulai membuat beberapa blog hingga terciptalah blog ini, blog yang khusus membahas seputar dunia Desain Grafis. Dalam waktu 6 bulan akhirnya blog ini di Approve Adsense sejak dibuat bulan Januari 2017. Berhubung saya menawarkan Jasa Vector Art (Mengubah Foto Menjadi Kartun) jadi saya bisa mempromosikan jasa saya di blog ini sehingga makin besar peluang untuk mendapat pelanggan yang berada diluar daerah, contohnya seperti 2 pelanggan saya, satu berasal dari Jogja dan satu lagi berasal dari Tangerang, sungguh Blog ini telah mendekatkan yang jauh. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mata Pelajaran TIK.

Jika bukan karena materi blog dan coreldraw yang terdapat dalam Mata Ajar TIK ini mungkin saya tidak akan pernah menulis diblog ini atau mungkin saja tidak akan mengenal apa itu blog. Sekarang blog ini sudah sangat bermanfaat bagi saya pribadi, setidaknya saya sudah bisa beli kuota sendiri. Jadi, heran jika masih ada orang yang beranggapan Mata Pelajaran TIK tidak penting dan sebaiknya dihapus.

Salah satu bukti nyata bahwa blog sangat erat kaitannya dengan Mata Pelajaran TIK bisa kita lihat di blognya Omjay (Wijayalabs.com), Blogger yang rajin menulis di Kompasiana. Melalui Mata Ajar TIK Omjay memeperkenalkan Dunia Blog kepada para siswanya, hal itu tercermin dari tugas TIK yang diberikan, dalam Tugas tersebut para murid dituntut untuk membuat Blog dan mengisinya sebanyak 500 - 700 kata.


Selain melatih kemampuan siswa dalam menulis, hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi dunia Blog Indonesia, karena akan semakin banyak siswa yang mengenal dunia Blog. Inilah bukti nyata bahwa Blog sangat berkaitan erat dengan Mata Ajar TIK.

Mari kita berandai andai. Bagaimana jika mata pelajaran TIK tidak kembali? Mungkin beberapa tahun kedepan kita tidak akan kenal dengan yang namanya blog sebab blog adalah salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran TIK, atau bisa saja mengenalnya tapi harus belajar secara otodidak, tentu akan semakin sedikit anak anak yang mengenalnya, sungguh kebijakan yang kurang baik dizaman serba internet ini. Bayangkan jika Mata ajar TIK tetap dihapus, apa jadinya beberapa tahun kemudian ketika para Blogger senior Indonesia tidak ngeblog lagi? Apa yang dapat kita harapkan dari generasi generasi muda yang tidak mengenal Blog sebab Mata ajar TIK tidak lagi diajarkan? Sungguh miris dunia Blog Indonesia jika TIK tak lagi diajarkan.

Untunglah TIK kembali dalam Kurikulum 2013, semoga dengan kembalinya Mata Ajar ini para siswa bisa kembali bergelut di dunia Blog sehingga tahun tahun ini bisa menjadi puncak keemasan bagi Blogger Indonesia dan Pesta Blogger bisa terhelat lagi.
.
Share this article :