Sosok Penting Dibalik Kembalinya Mata Ajar TIK

Home » » Sosok Penting Dibalik Kembalinya Mata Ajar TIK
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sekarang kita hidup di zaman teknologi atau saya menyebutnya dengan zaman sekali klik, kenapa zaman sekali klik? karena dizaman ini untuk mengetahui suatu hal cukup dilakukan dengan sekali klik, misalkan kita ingin melihat informasi tentang Patung Liberty cukup dengan menulis kata tersebut kemudian tinggal klik "cari" lalu akan muncul jutaan informasi tentang patung Liberty, ribuan informasi tersebut didapatkan hanya dengan sekali klik, makanya saya menyebut zaman ini dengan zaman sekali klik. Hanya dengan sekali klik kita sudah bisa menjelajahi dunia, hanya dengan sekali klik yang jauh sudah didepan mata, dan hanya dengan sekali klik dunia sudah menjadi genggaman kita.

Zaman sekali klik ini muncul akibat perkembangan Teknologi yang semakin pesat, kita tahu bahwa yang paling berperan penting disini ialah Teknologi, jadi sungguh amat disayangkan jika dizaman sekali klik ini Mata Ajar Tentang Teknologi mesti dihapuskan, tapi untunglah hal tersebut tak berlangsung lama, rencananya TIK akan mulai kembali diajarkan pada tahun ajaran depan 2019/2020 meski harus berubah nama menjadi Informatika. Sekali lagi saya ingin mengucapkan Welcome To Infrormatika. Kembalinya Mata Ajar TIK ini mengingatkan saya ucapan Bapak Prof. Richardus Eko Indrajit satu tahun yang lalu saat TIK dihapus dari kurikulum 2013, Ia mengatakan ''Untuk Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang kreatif, inovatif, dan enterpreneur maka dibutuhkan mata pelajaran TIK dan KKPI", Nah semoga dengan kembalinya TIK ini benar benar dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia yang kreatif, inovatif, dan enterpreneur sebagaimana yang dikatakan Bapak Prof  Richardus Eko Indrajit.

Berbicara tentang kembalinya Mata Ajar TIK ini tentu ada pihak yang sangat berperan penting. Nah dipostingan kali ini saya akan mengungkap siapakah sebenarnya yang sangat berperan penting dibalik kembalinya Mata Ajar TIK ini, setelah dipostingan sebelumnya saya menulis "Menyambut Informatika di Hari Blogger Nasional"

Dibalik kembalinya Mata Ajar TIK tak lepas dari perjuangan, usaha, dan kegigihan KOGTIK atau Komunitas Guru TIK & KPPI, Komunitas ini lahir untuk mengembalikan TIK & KPPI sebagaimana yang tertulis dalam Web resminya "Komunitas ini lahir untuk mengembalikan TIK dan KKPI sebagai mata pelajaran dan bukan sekedar bimbingan.". Komunitas yang berdiri pada tanggal 24 Desember 2014 tersebut memiliki motto "Saling Asah, Saling Asih, Saling Asuh". Akhirnya ditahun ini perjuangan KOGTIK membuahkan hasil, tidak dapat dipungkiri bahwa komunitas inilah yang paling berperan penting dalam kembalinya Kogtik. Salah satu contohnya yaitu membuat artikel artikel dan postingan postingan tentang pentingnya Mata Ajar TIK, seperti beberapa postingan Sekretaris KOGTIK ini (Omjay)
Dan masih banyak postingan postingan Omjay untuk mengembalikan Mata Ajar TIK yang tidak bisa saya tulis satu persatu. Bukti nyata perjuangan mereka terhadap Mata Ajar TIK ini yaitu mengadakan Olimpiade TIK Nasional khususnya Olimpiade TIK Nasional 2018 ini. Dengan adanya Olimpiade TIK ini, para pembuat kebijakan akan sadar betapa pentingnya Mata Ajar TIK ini.

Selain itu, yang tidak kalah menarik dari perjuangan mereka yaitu membuat Petisi kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mengembalikan Mata Pelajaran TIK dalam Kurikulum 2013. Sekarang sudah banyak yang menandatangani Petisi tersebut termasuk saya, sejak artikel ini ditulis sudah ada 3000-an orang yang menandatanganinya.Untuk melihat Petisi tersebut silahkan klik disini

Menulis artikel ini membuat saya teringat akan postingan saya satu tahun yang lalu saat saya menulis artikel diblog ini untuk menyelamatkan TIK & KPPI. Postingan tersebut bisa dibaca disini atau disini (Save TIK & KPPI)

Sekali lagi saya ingin Mengucapkan Welcome To Informatika
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
.
Share this article :